Tuesday, March 29, 2016

3 Kandungan Utama Pada Brokoli Sebagai Makanan Ibu Hamil

makanan ibu hamil
Ibu dan Balita

Makanan ibu hamil jumlahnya sangat banyak. Namun, apakah ibu tahu brokoli mengandung nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan bayi di dalam kandungan?


Dari sekian banyak makanan untuk ibu hamil, brokoli menjadi salah satu sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat mengandungan. Tentu saja hal tersebut bukan tanpa alasan. Setidaknya ada 3 kandungan penting di dalam sayuran berupa brokoli ini di mana kandungan tersebut akan memastikan perkembangan janin di dalam kandungan baik.

Lalu, apa sajakah ketiga kandungan yang ada di dalam makanan ibu hamil berupa brokoli ini?

  1. Asam Folat
Ibu pasti sudah banyak tahu tentang asam folat dan fungsinya. Asam folat memang nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk berkembangan. Kekurangan asam folat akan mengakibatkan bayi dalam kandungan tidak berkembang baik sehingga kemungkinan besar terjadi cacat mental dan juga cacat fisik.

Tentu hal tersebut tidak ibu inginkan, bukan? Oleh sebab itu, brokoli merupakan salah satu dari sekian banyak makanan ibu hamil yang kaya kandungan asam folatnya.

“Lho, bukankah asam folat sudah ada di dalam susu ibu hamil?” Tentu saja jika ibu mengkonsumsi susu ibu hamil, ibu sudah mendapatkan kandungan berupa asam folat. Akan tetapi, karena asam folat itu dibutuhkan dalam jumlah yang banyak, tidak salah jika ibu mengkonsumsi sayuran brokoli. Apalagi dijelaskan bawasannya brokoli itu juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar terhindar dari anemia.

Jadi, saat ibu merasa lemas dan dokter mengatakan ibu mengalami anemia, ibu bisa mencoba membuat sayuran brokoli. Sel darah merah akan bertambah dan anemia akan hilang.

  1. Omega 3
Setiap orang tua pasti ingin anaknya sehat dan pintar. Untuk itu, saat mengandung, tidak salah jika ibu menjadikan brokoli sebagai menu makanan ibu hamil setiap hari. Pasalnya, brokoli juga mengandung omega 3 lho.

Saat bayi masih ada di dalam kandungan, kecerdasan sudah bisa diasah lho. Dengan memberikan makanan ibu hamil yang mengandung omega 3 seperti brokoli, ibu akan memiliki anak yang cerdas nantinya. Kandungan omega 3 di dalam brokoli dan makanan untuk ibu hamil lainnya akan mengoptimalkan perkembangan saraf bayi di dalam kandungan. Dengan demikian, kecerdasan otak bayi akan lebih terasah.

Agar kecerdasannya lebih optimal, ibu juga bisa memberikan stimulus lain seperti memperdengarkan musik klasik dan sering mengajaknya berkomunikasi. Dengan demikian, fungsi brokoli sebagai makanan ibu hamil untuk meningkatkan kecerdasan otak janin dalam kandungan menjadi lebih optimal ketika ditambah dengan stimulus dari luar.

  1. Kalsium
Seperti halnya sayuran hijau yang lain, brokoli juga mengandung kalsium yang tinggi lho. Kalsium ini dibutuhkan untuk perkembangan janin, terutama perkembangan tulang. Jika kekurangan kalsium, ibu juga akan menanggung resiko. Ibu akan merasa lemas dan mudah pegal pada bagian tulang kaki. Hal ini dikarenakan kalsium dalam tulang ibu diambil oleh janin karena bagi janin kalsium itu sangatlah penting. Untuk itu, tidak salah jika mengkonsumsi makanan ibu hamil berupa brokoli ini.

Tentu tidak hanya brokoli saja yang mengandung tiga kandungan penting tersebut di atas. Masih banyak lagi makanan ibu hamil yang memiliki kandungan yang sama.

Namun, ibu juga tidak boleh mengesampingkan nutrisi ibu hamil lainnya seperti protein, vitamin, dan lain sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan semua nutrisi untuk ibu hamil, ibu juga harus menemukan cemilan enak dan sehat khusus untuk ibu hamil, selain mengkonsumsi makanan ibu hamil.

No comments:

Post a Comment