Thursday, March 24, 2016

Tidak Semua Makanan Ibu Hamil yang Mengandung Kalsium itu Bagus

makanan ibu hamil
Ibu dan Balita

Makanan ibu hamil bukan hanya makanan yang bergizi saja lho. Karena ada juga makanan yang kaya akan gizi yang dibutuhkan ibu hamil tapi berakibat hal yang kurang baik untuk ibu.


Kali ini, ibu harus tahu makanan ibu hamil yang katanya kaya akan kandungan berupa kalsium namun berakibat kurang baik bagi ibu. Jadi, ibu harus hati-hati. Setidaknya, ibu sebaiknya mempertimbangkan jika ibu ingin mengkonsumsi makanan berikut ini.

Kangkung
Siapa yang tidak kenal kangkung? Ini merupakan salah satu sayuran hijau di Indonesia yang kaya manfaat. Apalagi kandungan kalsium dalam kangkung cukup tinggi, banyak ahli gizi ibu hamil menyarankan agar kangkung dijadikan salah satu menu makanan ibu hamil setiap hari.
Ada banyak cara untuk menyajikan kangkung. Ibu bisa berinovasi untuk memasak kangkung. Ibu bisa goreng kankung, sayur kangkung, atau pecel kangkung. Tentu masih banyak pilihan lain agar ibu mendapatkan manfaat dari kangkung, terutama kandungan kalsiumnya.

Hanya saja, ibu harus tahu bahwa setelah mengkonsumsi kangkung, mata ibu akan terasa berat sekali. Pasalnya, kangkung merupakan sayuran hijau yang bisa membuat ibu mengantuk.

Itulah mengapa tidak disarankan ibu memilih menu sarapan dengan menggunakan kangkung. Bukannya ibu akan memiliki stamina tinggi untuk melakukan kegiatan setiap hari, tapi justru ibu akan merasa kantuk yang luar biasa.

Jika ibu ingin mendapatkan nutrisi terutama kangkung di dalam makanan ibu hamil yang satu ini, ibu bisa mengkonsumsinya di malam hari. Bahkan, menu makan malam berupa kangkung bisa membuat ibu bisa terlelap dengan mudah.

Sumsung Tulang Sapi
Lezat sekali jika bisa mengkonsumsi sumsung tulang sapi, bukan? Apalagi ibu santap di siang hari. Ditemani dengan es buah yang segar, menu makan siang ibu akan terasa sempurna.

Selain lezat, sumsum tulang sapi juga kaya akan kalsium juga lho. Sayangnya, ibu yang sedang mengandung harus memperhatikan bahwa sumsung tulang sapi juga mengandung lemak juga lho. Lemak ini jelas tidak baik bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan lemak membuat ibu terkena resiko beberapa keluhan kesehatan seperti obesitas meskipun tidak bisa dipungkiri banyak sekali kandungan nutrisi selain kalsium yang terdapat di dalam makanan ibu hamil yang satu ini. Namun, apa ibu berani mengambil resiko kemungkin terkena obesitas karena kandungan lemak yang juga tinggi di dalam sumsum tulang sapi?

Kol
Jenis sayuran yang satu ini mudah sekali ditemukan. Harganya pun sangat terjangkau. Lebih dari itu, banyak sekali masakan nusantara yang diolah dengan bahan kol.

Ibu hamil pun sangat dianjurkan mengkonsumsi kol. Sayuran yang satu ini termasuk ke dalam makanan ibu hamil. Hal ini disebabkan kandungan kalsium yang sangat tinggi di dalam kol.

Sayangnya, kol bisa membuat ibu mudah sekali kentut. Jika kebanyakan waktu ibu berada di ruangan dengan orang banyak, ibu pasti tidak ingin sering kentut karena makan kol, bukan? Hal ini perlu untuk ibu pertimbangkan.

Jadi, ibu sekarang harus bijak memilih makanan ibu hamil ya. Tidak semua yang katanya kaya akan kalsium itu baik lho. Perhatikan situasi dan kondisinya. Yang jelas, kalsium harus terpenuhi. Jika tidak, janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu. Akibatnya, ibu akan merasakan sering pegal, nyeri tulang, dan osteoporosis. Oleh karena itu, pilihlah dengan tepat makanan ibu hamil.

No comments:

Post a Comment