Thursday, March 17, 2016

Jenis Makanan Ibu Hamil untuk Mencegah Penyakit Berbahaya Saat Mengandung

makanan ibu hamil
Ibu dan Balita

Makanan ibu hamil bisa juga berperan seperti obat lho. Seorang ibu hamil harus tahu makanan apa yang harus dikonsumsi karena makanan tersebutlah yang menentukan kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan. Bahkan, lebih dari itu, makanan yang sehat untuk ibu hamil juga bisa mencegah segala penyakit yang berbahaya sekalipun yang sering dialami selama masa mengandung.


Oleh sebab itu, penting sekali bagi ibu untuk tahu mana makanan ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Yang jelas, tidak semua makanan sehat itu baik untuk ibu hamil lho.

Dalam hal ini, ibu harus tahu juga jenis makanan ibu hamil yang bisa mencegah penyakit yang sangat berbahaya. Makanan seperti apa itu?

Penyakit yang berbahaya untuk ibu hamil adalah penyakit yang bisa menyebabkan janin mengalami hal yang kurang baik seperti perkembangan kurang optimal, cacat sejak ada di dalam kandungan, dan bahkan keguguran. Salah satunya adalah penyakit Torch. Torch merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya lho.

Untuk mencegah penyakit tersebut, ibu bisa mengkonsumsi jenis makanan ibu hamil tertentu lho. Makanan seperti apakah yang dimaksud tersebut?

Ternyata, makanan yang bisa mencegah hampir semua penyakit berbahaya saat hamil adalah makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Karena pada dasarnya tubuh itu akan sakit jika sistem kekebalan tubuh tidak kuat untuk memerangi virus yang mungkin masuk ke tubuh kita. Terutama Torch di mana penyakit ini sering diakibatkan oleh virus yang disebarkan oleh binatang. Jadi, tidak ada cara lain yang paling efektif untuk mencegah penyakit Torch ini selain mengkonsumsi makanan ibu hamil yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Pertanyaannya sekarang adalah makanan seperti apa yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh? Sangat banyak lho makanan yang bisa ibu konsumsi untuk mengingkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya adalah makanan brokoli. Sayuran hijau yang satu ini kaya akan kalsium lho. Kalsim inilah yang akan membantu penyerapan vitamin C di mana fungsi vitamin C adalah untuk memproduksi antibiotik serta memperkuat kekebalan tubuh. Jadi, selain mengkonsumsi makanan ibu hamil yang mengandung vitamin C, ibu juga perlu mensuplai asupan kalsium ya.

Daging sapi juga termasuk makanan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Pasalnya, kadungan zink pada daging sapi sangat tinggi sehingga memperlancar produksi sel darah putih. Menurut ahli medis, sel darah putih memiliki peran yang sangat krusial untuk melawan penyakit.

Sebenarnya, dengan mengkonsumsi susu ibu hamil saja sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat. Hal ini dikarenakan nutrisi yang sudah lengkap di dalam susu tersebut. Hanya saja, ibu juga harus tetap mengkonsumsi makanan ibu hamil ya.

Jika ibu lihat dari beberapa makanan yang direkomendasikan di atas, ternyata makanan tersebut juga bagus untuk perkembangan janin lho. Contohnya saja daging. Daging juga mengandung protein yang sangat tinggi, bukan? Dan proteinlah yang akan memastikan perkembangan janin optimal dan berat badannya normal.

Oleh sebab itu penting sekali bagi ibu untuk memperkaya wawasan seputar kesahatan ibu hamil. Tujuannya tidak lain agar bayi sehat. Caranya saja yang berbeda. Salah satu cara agar janin sehat adalah dengan mengantisipasi munculnya penyakit berbahaya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengkonsumsi makanan ibu hamil.


No comments:

Post a Comment