Monday, March 14, 2016

Makanan Ibu Hamil untuk Janin yang Mengalami Masalah dalam Perkembangan Organ Tubuh

makanan ibu hamil
Ibu dan Balita

Makanan ibu hamil bertujuan agar ibu dan janin dalam kandungan sehat selalu. Hanya saja, tidak semua makanan tersebut berpengaruh pada perkembangan janin lho.


Banyak sekali nutrisi yang diperlukan oleh janin. Di antara sekian banyak nutrisi tersebut, ada nutrisi yang memang benar-benar berpengaruh ada perkembangan janin dalam kandungan.
Nutrisi apakah itu? Dan makanan ibu hamil apa yang mengandung nutrisi tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Nutrisi Penting untuk Perkembangan Janin
Ibu bisa membuat list nutrisi yang penting agar bayi sehat.  Akan tetapi, khusus untuk perkembangan janin, ibu tidak lupa pentingnya magnesium. Nutrsi yang satu ini sangat mempengaruhi perkembangan organ tubuh janin ketika masih ada di dalam rahim. Itulah mengapa dokter kandungan sering menambahkan suplemen berupa magnesium jika dokter kandungan melihat adanya resiko perkembangan janin tidak optimal.

Sayangnya, banyak ibu hamil yang menganggap jika terdapat masalah terkait dengan perkembangan janin, maka mereka harus lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Mereka akan mencari informasi seputar menu makanan yang baik demi perkembangan bayi dalam kandungan tanpa mengetahui terlebih dahulu masalah yang dialami oleh bayi.

Untuk itu, penting sekali ibu konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk memastikan apa penyebab perkembangan janin terganggu. Jika memang hal tersebut dikarenakan kurangnya asupan nutrisi berupa magnesium, maka ibu perlu mengkonsumsi susu ibu hamil dan makanan yang kaya akan kandungan magnesiumnya.

Sebenarnya ada tanda-tanda di mana perkembangan janin terganggu. Berikut beberapa tanda-tanda tersebut.

Tanda-Tanda Perkembangan Bayi dalam Kandungan Terganggu
Sebenarnya, tanpa ibu datang ke dokter kandungan untuk pemeriksaan USG ibu sudah tahu apakah janin dalam kandungan berkembang baik atau tidak. Seperti contoh, ibu bisa mengecek sendiri dengan cara apakah ada pergerakan bayi yang sering ibu rasakan? Apakah ibu sering muntah karena morning sickness? Hanya saja, tanda-tanda tersebut hanya bersifat kira-kira saja. Untuk lebih jelasnya, ibu tetap harus datang ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG.

Jika janin memiliki berat badan di bawah normal, itu artinya perkembangannya terganggu. Mungkin saja janin kekurangan nutrisi berupa magnesium. Jika panjang janin tidak normal sesuai dengan usianya, maka siap-siaplah ibu mengkonsumsi makanan ibu hamil yang tinggi kadar magnesiumnya.

Sebenarnya, berat serta panjang janin itu hanya ukuran fisik saja. Dengan menggunakan USG, dokter juga bisa menjelaskan apakah ada organ tubuh yang sudah tumbuh sempurna atau belum. Pasalnya, pada usia kehamilan tertentu, organ tubuh bayi sudah bisa dilihat. Sementara itu, jika asupan magnesiumnya kurang, maka kemungkinan ada organ tubuh yang tidak tumbuh secara optimal.

Sumber Magnesium
Dari penjelasan tersebut di atas, jelas sudah bahwa penting sekali bagi untuk mengkonsumsi makanan ibu hamil yang kaya akan kandungan magnesium jika ibu tidak ingin melihat perkembangan bayi dalam kandungan terganggu. Lalu, apa saja makanan yang mengandung magnesium?

Salah satunya adalah jus melon. Selain menyegarkan, jus melon juga baik untuk perkembangan janin lho. Selain itu, ibu juga bisa mendapatkan nutrisi magnesium dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. Jadi, ibu bisa menjadikan sayuran hijau sebagai menu makanan sehat sehari-hari khususnya ketika ibu sedang mengandung.

Tentu saja masih banyak jenis makanan sehat lainnya yang mengandung magnesium. Hanya saja, ibu juga harus tetap memperhatikan nutrisi penting lainnya dari makanan ibu hamil.



No comments:

Post a Comment