Monday, March 7, 2016

Resep Makanan Ibu Hamil untuk Bayi Cerdas

makanan ibu hamil
Ibu dan Balita

Makanan ibu hamil harus benar-benar diperhatikan. Sekarang ini, ibu tidak hanya perlu untuk memastikan makanan yang ibu konsumsi itu sehat. Lebih dari itu, ibu juga harus bijak dalam memilih makanan agar membantu perkembangan otak bayi ketika masih ada di dalam rahim. Artinya, makanan yang ibu konsumsi sebaiknya yang mengandung nutrisi tertentu untuk mencerdaskan bayi yang masih ibu kandungan.



Apa saja nutrisi yang bisa menunjang kecerdasan bayi dalam kandungan? Dan menu makanan ibu hamil apa yang perlu untuk ibu pertimbangkan untuk dikonsumsi? Berikut penjelasan selengkapnya.

Protein dalam Daging Sapi
Jika ibu suka dengan menu daging sapi, ibu harus lebih banyak mengkonsumsi menu makanan berbahan daging sapi. Ada banyak sekali menu masakan nusantara yang bahan utamanya merupakan daging sapi seperti redang, rawon, terik daging, dendeng balado, dan masih banyak lago.

Akan tetapi, harus ibu pahami bahwa tidak semua masakan yang berbahan daging sapi itu termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil. Contohnya saja sate sapi atau sapi panggang. Hal ini dikarenakan cara pembuatan menu makanan tersebut tidak benar-benar matang. Menurut para ahli gizi, daging sapi yang tidak diolah secara matang bisa mengakibatkan hal yang buruk bagi ibu dan terutama janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan proses memasak yang kurang matang tersebut mengakibatkan bakteri serta lemak jahat masih ada di dalam daging. Padahal, bakteri dan lemak bisa sangat membahayakan bagi perkembangan janin, bukan?

Oleh karena itu, pilihlah menu makanan sehat untuk ibu hamil dengan bahan dasar daging sapi yang benar-benar dimasak matang. Kandungan protein pada daging sapi sangat dibutuhkan untuk perkembangan saraf bayi ketika masih ada di dalam kandungan. Diharapkan dengan mengkonsumsi makanan ibu hamil yang satu ini, bayi akan ibu lahirkan tidak hanya dalam keadaan sehat namun juga akan tumbuh dengan kecerdasan tinggi.

Omega 3 Dalam Ikan Salmon
Tidak sedikit orang yang tidak mau dan tidak suka dengan menu daging dengan berbagai alasan.  Ada yang mengatakan daging bisa membuat gemuk dan itu jelas tidak diinginkan oleh wanita. Apakah ibu juga berpikir demikian?

Alternatif lain tenting makanan ibu hamil yang bisa mencerdaskan otak bayi sejak masih ada di dalam kandungan adalah ikan salmon. Ini adalah salah satu jenis seafood yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan menu makanan sehat untuk ibu hamil. Lebih dari itu, ikan salmon juga bisa mencerdaskan otak bayi sejak masih ada di dalam rahim. Pasalnya, ikan salmon kaya akan kandungan omega 3.

Memang ibu bisa mendapatkan nutrisi berupa omega 3 ini dari makanan yang lain. Bahkan susu ibu hamil pun ada yang mengandung omega 3 dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, bukankah lebih baik jika ibu makan makanan enak yang sekaligus mengadung omega 3? Untuk itu, ibu bisa mencari beberapa resep masakan berbahan ikan salmon.

Akan tetapi, pastikan ikan salmon yang ibu pilih merupakan ikan salmon yang masih segar ya. Jangan asal memilih ikan salmon karena ada juga ikan salmon yang mengandung merkuri dalam jumlah yang tinggi. Tentu saja ikan salmon seperti itu bukanlah termasuk makanan baik untuk ibu tamil.

“Sambil menyelem, minum air” Mungkin itulah peribahasa yang tepat. Selain makan makanan yang sehat, ibu juga bisa sekaligus meningkatkan kecerdasan otak bayi sejak masih ada di dalam kandungan. Mana yang akan ibu pilih terkait dengan menu makanan ibu hamil?



No comments:

Post a Comment