Monday, March 14, 2016

Apakah Ada Hubungan Air Ketuban dengan Makanan Ibu Hamil?

makanan ibu hamil
Ibu dan Balita

Makanan ibu hamil  itu ada yang mempengaruhi kualitas air ketuban lho. Apakah ibu tahu makanan apa sajakah itu?


Sebelumnya, ibu harus memahami bahwa ada beberapa kasus bayi mengalami keguguran karena kualitas air ketubannya yang tidak bagus. Ada yang air ketuban kotor atau air ketubannya semakin sedikit sehingga bayi dalam kandungan tidak mampu bertahan. Untuk itulah penting bagi semua ibu yang sedang mengandung untuk memperhatikan makanan ibu hamil agar air ketubannya bagus.

Makanan yang Bisa Memperbaiki Kualitas Air Ketuban
Kualitas air ketuban dikatakan bagus jika jernih. Ibu harus tahu bahwa air ketuban itu sangat mempengaruhi perkembangan janin. Bahkan, terkadang dokter akan mengambil inisiatif untuk melahirkan bayi secara dini jika ditemukan air ketuban jumlahnya sedikit dan tidak bagus.

Untuk itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Menurut ahli medis, kacang hijau ternyata bisa menjernihkan air ketuban di dalam rahim. Dalam hal ini, ibu tidak hanya bisa mengkonsumsi bubur kacang hijau saja. Ada banyak sekali makanan yang bahan bakunya dari kacang hijau seperti roti kacang hijau, kue kacang hijau, dan masih banyak lagi. Jadi, banyak sekali jenis makanan ibu hamil yang terbuat dari kacang hijau yang akan menghindarkan dari air ketuban yang keruh.

Apakah ada yang lain? Tentu saja ada. Hanya saja berbentuk minuman. Yaitu air kelapa. Selama ini masyarakat memahami bahwa air kelapa itu penting sekali untuk membersihkan usus dan untuk menghilangkan virus dan bakteri yang mungkin ada di dalam sistem pencernaan. Ternyata, air kelapa juga bisa membersihkan air ketuban lho.

Hanya saja, tidak disarankan jika ibu hamil terlalu sering mengkonsumsi air kelapa ya. Ibu bisa minum air kelapa satu kali dalam satu bulan saja karena dikhawatirkan ada kandungan yang membahayakan janin jika air kelapa dikonsumsi secara berlebihan.

Selain air kelapa, air ketuban juga akan lebih jernih jika ibu lebih banyak mengkonsumsi air putih. Jadi, perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap hari ya bu.

Masalah Terkait dengan Air Ketuban
Salah satu fungsi air ketuban adalah untuk menghindarkan janin membentur dinding rahim mungkin ketika ibu jatuh. Namun, bagaimana jadinya jika air ketubannya sedikit? Tentu resiko benturan yang mengakibatkan keguguran semakin tinggi, bukan? Oleh sebab itu, penting sekali ibu hamil mengkonsumsi makanan ibu hamil yang bisa menjaga kualitas serta kuantitas air ketuban.

Sayangnya, makanan saja tidak cukup untuk menjaga kualitas dan kuantitas air ketuban. Ada juga pengaruh dari internal, yaitu kesehatan plasenta. Kelainan plasenta juga bisa mempengaruhi kualitas air ketuban. Biasanya, kelainan tersebut disebabkan oleh kulit pada dinding rahim yang terkelupas yang secara tidak langsung menyebabkan kuantitas air ketuban menurun.

Selain itu, kondisi medis ibu hamil juga sangat berpengaruh. Oleh karena itu, makanan sehat yang ibu konsumsi selama mengandung pada dasarnya tidak hanya agar bayi sehat dalam kandungan saja, tapi juga kesehatan ibu hamil. Pasalnya, kesehatan ibu hamil itu mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan.

Sekarang ibu tahu kan pentingnya menjaga kualitas dan kuantitas air ketuban? Yang harus ibu lakukan sekarang ini adalah menjaga air ketuban terutama ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga. Ibu juga harus semakin rutin memeriksakan kesehatan dengan dokter kandungan dan jangan lupa menanyakan kondisi air ketuban. Saat masa persalinan sudah hampir tiba, ibu harus jaga kualitas air ketuban dengan cara mengkonsumsi makanan ibu hamil.


No comments:

Post a Comment