Wednesday, March 16, 2016

Jenis Makanan Ibu Hamil untuk Meredakan Mual

makanan ibu hamil
Ibu dan Balita

Makanan ibu hamil tidak hanya baik untuk janin tapi juga untuk ibu sendiri. Kali ini, ibu akan mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa meredakan mual yang ibu alami terutama pada pagi hari. Apa sajakah itu?

Mual pada pagi hari yang sering dialami oleh ibu hamil disebut dengan morning sickness. Dari tinjauan medis, mual ini merupakan hal yang sangat normal. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika ibu mual saat hamil.

Akan tetapi, bukan berarti mual ini tidak perlu untuk ditangani. Jika ibu sering sekali mual dan bahkan mual tersebut mengganggu kesehatan ibu, maka ibu perlu mencari tahu apa saja makanan ibu hamil yang bisa meredakan mual.

Jenis Makanan Pereda Morning Sickness
Sebenarnya banyak sekali makanan untuk ibu hamil yang bisa meredakan mual atau morning sickness. Hanya saja, jika ibu membuat list, maka terlalu banyak makanan yang harus ibu catat.
Yang perlu ibu ketahui hanyalah jenis makanan apa sajakah yang bisa meredakan morning sickness. Menurut ahli gizi ibu hamil, jenis makanan pereda morning sickness adalah makanan yang tinggi kadar karbohidratnya namun rendah lemak.

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh ibu agar bisa aktif setiap hari. Kebutuhan karbohidrat ibu hamil juga lebih banyak. Dan ternyata, mengkonsumsi makanan ibu hamil yang mengandung tinggi karbohidrat juga bisa meredakan mual.

Hanya saja, ada satu catatan yang harus ibu perhatikan, yaitu kandungan lemaknya harus rendah. Pasalnya, lemak merupakan pemicu mual saat hamil. Selain itu, lemak juga mengganggu perkembangan janin lho.

Karena tidak boleh mengandung lemak, maka ibu harus menghindari daging sapi yang kandungan lemaknya biasanya tinggi. Kalaupun ibu ingin sekali mengkonsumsi makanan yang terbuat dari daging sapi, pastikan lemaknya sudah disingkirkan dan daging dimasak benar-benar matang untuk memastikan tidak ada lemak sedikitpun yang menempel pada daging.

Mungkin ibu juga bertanya-tanya apakah penting untuk meredakan mual. Katanya mual pada saat hamil itu sesuatu hal yang normal, kenapa harus dikhawatirkan? Memang normal namun ada resiko buruk yang mengintai jika ibu terlalu sering mual.

Terlalu Sering Mual dan Hiperemesis Gravidarium
Apakah ibu pernah mendengar istilah medis hiperemesi gravidarum? Ini merupakan kondisi kesehatan di mana ibu akan mengalami dehidrasi dan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan untuk berkembang. Kondisi inilah yang bisa juga disebabkan karena ibu sering mual. Itulah mengapa penting sekali bagi ibu untuk mengetahui jenis makanan ibu hamil seperti apa yang bisa meredakan mual.

Sebenarnya tidak itu saja. Walaupun normal, mual tetap harus diantisipasi agar ibu selalu bersemangat karena sudah mendapatkan asupan gizi. Bagaimana ibu bisa mendapatkan gizi jika apa saja yang ibu makan ibu keluarkan ketika mual dan muntah? Jika hal ini ibu biarkan, ujung-ujungnya ibu gagal dalam menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan.

Untuk itu, meredakan mual itu artinya ibu konsisten menjaga kesehatan bayi selama ada di dalam kandungan. Tentu saja masih banyak hal lain yang harus ibu lakukan untuk memastikan bayi sehat. Akan tetapi, setidaknya ibu tidak membuat usaha yang ibu lakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan sia-sia karena ibu selalu memuntahkan makanan yang ibu konsumsi. Untuk menghindari hal tersebut, ibu harus pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan ibu hamil.



No comments:

Post a Comment